Langsung ke konten utama





FEDERASI SERIKAT PEKERJA PERTANIAN DAN PERKEBUNAN
SERIKAT PEKERJA SELURUH INDONESIA
(FSPPP-SPSI)


Federasi Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia yang disingkat (FSPPP-SPSI) didirikan Pada Tanggal 22 Mei 1973  Untuk Waktu yang tidak ditentukan, dan berkedudukan di Jakarta Ibukota Negara Republik Indonesia.

Federasi Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia, merupakan anggota dari Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Hasil Rekonsiliasi.

Federasi Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSPPP-SPSI) telah terdaftar pada Departemen Tenaga Kerja Republik Indonesia dengan Nomor : 07/OP.GSP.PP SPSI/DFT/BW/VIII/1998 Tanggal 24 Agustus 1998 Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia Nomor : KEP.239/M/BW/1998 Tanggal 24 Agustus 1998 Tentang Pendaftaran Gabungan Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan Tingkat Nasional.

Pengurus Pusat Federasi Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PP-FSPPP-SPSI) telah tercatat pada Dinas Tenaga Kerja Kota Jakarta Selatan dengan Nomor Pencatatan : 78/V/N/VI/2001 Tanggal 26 Juni 2001.

Terdaftar Pada Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia  RI Dengan Badan Hukum Nomor : AHU-0080709.AH.01.07.TAHUN 2016 

Sejak didirikan tanggal 22 Mei 1973, Organisasi ini selalu aktif dalam membela Hak-Hak dan Kepentingan Pekerja khusunya di Sektor Pertanian dan Perkebunan dan merupakan salah satu Kepengurusan tersolit dari Federasi Serikat Pekerja Anggota SPSI, karena sejak di deklarasikan Kepengurusan di Pusat tidak pernah mengalami perpecahan, melainkan siapapun yang terpilih menjadi Ketua Umum, tetap saling kompak dan saling mendukukng dan tidak pernah menjadi suatu permasalahan di dalam Kepengurusan Pusat, dimana  sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangganya mempunyai Ruang Lingkup pada :

1. Sub Sektor Pertanian Tanaman Pangan ;
2. Sub Sektor Perkebunan, Crum Rubber dan Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS);
3. Sub Sektor Peternakan ;
4. Sub Sektor Perikanan ;
5. Sub Sektor Hutan Tanaman Industri ;
6. Sub Sektor Industri Barang dan Jasa yang sejenis serta Kegiatan Angutan dan Bongkar Muat di          Pergudangan, Pabrik-Pabrik, di dalam Perusahaan-Perusahaan yang merupakan Satu Kesatuan            Usaha dari Pertanian dan Perkebunan.

Sejak didirikannya pada tanggal 22 Mei 1973, telah terjadi beberapa kali pergantian Kepengurusan melalui Musyawarah, dan Musyawarah Nasional, dimana pada Tahun 1994 dilakukan Musyawarah Nasional Ke-Dua (MUNAS II) dimana  Bapak HARTONO terpilih sebagai Ketua Umum dan Bapak HASAN sebagai Sekretaris Umum untuk Masa Bakti 1994-1999.

Dua Tahun setelah MUNAS, guna  melaksanakan Program Kerja Umum Organisasi yang ditetapkan didalam MUNAS, maka pada Tanggal 10-12 Desember 1996 bertempat di Selecta Batu-Malang dilakukan Rapat Kerja Nasional Kesatu  (RAKERNAS I), dimana hasil dari RAKERNAS tersebut telah menetapkan Ruang Lingkup Organisasi,  berdasarkan Surat Keputusan RAKERNAS Nomor : Kep.04/RAKERNAS I/SPPP-SPSI/A-2/12/1996.

Sedangkan Tentang ATRIBUT ORGANISASI ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Nomor : Kep.11/RAKERNAS I/SPPP-SPSI/A-2/12/1996  yang sampai saat ini tetap termuat didalam Anggaran Dasr dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Federasi Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan Serikat Pekerja Seluruh (FSPPP-SPSI).

Pada  Musyawarah Nasional Ke-Tiga (MUNAS III) Tahun 1999 dimana  Bapak HARTONO terpilih kembali sebagai Ketua Umum dan Bapak MURSANI MUSLIMIN sebagai Sekretaris Umum untuk Masa Bakti 1999-2004.

Pada  Musyawarah Nasional Ke-Empat (MUNAS IV) Tahun 2004  Bapak HARTONO terpilih kembali sebagai Ketua Umum dan Ibu RAHAYU SOFWAN sebagai Sekretaris Umum untuk Masa Bakti 2004-2009.

Pada Tahun 2008 Bapak HARTONO  berpulang kehadapan Tuhan Yang Maha Esa, maka Jabatan Ketua Umum dijabat oleh BAPAK MURSANI MUSLIMIN yang pada saat itu selaku Wakil Ketua Umum, sedangkan Sekretaris Umum tetap oleh Ibu RAHAYU SOFWAN. 

Pada  Musyawarah Nasional Ke-Lima (MUNAS V) yang bertempat di Hotel Grand Cempaka -Jakarta Tanggal 22-24 Februari 2011, terjadi Perubahan Kepengurusan dimana untuk pertama kalinya Ketua Umum yang terpilih berasal dari Daerah atau Provinsi, yang mana Bapak ACHMAD SUDIBYO yang Sebelumnya Sebagai Ketua Pengurus Daerah FSPPP-SPSI Provinsi Riau, terpilih  sebagai Ketua Umum dan Bapak ACHMAD MUNDJI  sebagai Sekretaris Umum untuk Masa Bakti 20011-2016, sehingga Kepengurusan saat itu dikenal dengan  ACHMAD BERSAUDARA, karena mempunyai Nama Depan yang sama.

Pada  Musyawarah Nasional Ke-Enam (MUNAS VI) yang bertempat di Hotel Pondok Remaja Cisarua-Bogor Tanggal 02-04 Juni 2015, Bapak ACHMAD SUDIBYO terpilih kembali sebagai Ketua Umum dan Bapak MURSANI MUSLIMIN  sebagai Sekretaris Umum untuk Masa Bakti 2015-2020, dengan Kepengurusan sebagai berikut :


PENGURUS PUSAT  FSPPP-SPSI 
HASIL MUNAS VI

PELANTIKAN PENGURUS PUSAT FSPPP-SPSI TERPILIH
PADA MUNAS VI DI HOTEL PONDOK REMAJA CISARUA-BOGOR










Pada  Musyawarah Nasional Ke-Tujuh (MUNAS VII) yang bertempat di Hotel Balairung Jakarta  Tanggal 18-20 Desember 2020  Bapak ACHMAD MUNDJI, S.H  terpilih  sebagai Ketua Umum dan Bapak SA'ADI PAMUNGKAS, S.Esebagai Sekretaris Umum untuk Masa Bakti 2020-2024, dengan Kepengurusan sebagai berikut :


FOTO PADA ACARA MUNAS VII HOTEL BALAIRUNG JAKARTA
TARI PERSEMBAHAN























Federasi Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSPPP-SPSI) mempunyai Kepengurusan Daerah Tingkat Provinsi pada 15 (lima belas) Provinsi sebagai berikut :


Bahwa secara Nasional Organisasi ini mempunyai Struktur  Tingkat Nasional, Tingakat Provinsi, Tingkat Kabupaten dan Tingkat Unit Kerja, dimana dalam Penyebutan dan Penulisannya sebagai berikut :
  1. Pada Tingkat Nasional di Sebut dengan Pengurus Pusat Federasi Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan-Serikat Pekerja Seluruh Indonesia disingkat dengan ( PP-FSPPP-SPSI). 
  2. Pada Tingkat Provinsi di sebut dengan Pengurus Daerah  Federasi Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan-Serikat Pekerja Seluruh Indonesia disingkat dengan ( PD-FSPPP-SPSI)
  3. Pada Tingkat Kabupaten  di sebut dengan Pengurus Cabang  Federasi Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan-Serikat Pekerja Seluruh Indonesia disingkat dengan ( PC-FSPPP-SPSI).
  4. Pada Tingkat Unit Kerja  di sebut dengan Pengurus Unit Kerja  Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan-Serikat Pekerja Seluruh Indonesia disingkat dengan ( PUK-SPPP-SPSI).

MUSYAWARAH DAERAH V 
PENGURUS DAERAH 
FEDERASI SERIKAT PEKERJA PERTANIAN DAN PERKEBUNAN
SERIKAT PEKERJA SELURUH INDONESIA 
PROVINSI RIAU HOTEL MONA PLAZA PEKANBARU
TANGGAL 6-7 AGUSTUS 2019 













MUSYAWARAH CABANG  
PENGURUS CABANG
FEDERASI SERIKAT PEKERJA PERTANIAN DAN PERKEBUNAN
SERIKAT PEKERJA SELURUH INDONESIA 
KABUPATEN INDRAGIRI HULU - RIAU  HOTEL DANAU RAJA RENGAT-INHU
TANGGAL 18-19 FEBRUARI 2020 













MUSYAWARAH CABANG  
PENGURUS CABANG
FEDERASI SERIKAT PEKERJA PERTANIAN DAN PERKEBUNAN
SERIKAT PEKERJA SELURUH INDONESIA 
KABUPATEN SIAK - RIAU  HOTEL MUTIARA MERDEKA KANDIS
TANGGAL 10 MARET 2020













MUSYAWARAH CABANG  
PENGURUS CABANG
FEDERASI SERIKAT PEKERJA PERTANIAN DAN PERKEBUNAN
SERIKAT PEKERJA SELURUH INDONESIA 
KABUPATEN ROKAN HILIR - RIAU  HOTEL BINTANG MULIA BAGAN BATU
TANGGAL 10 DESEMBER 2020




















MUSYAWARAH CABANG  
PENGURUS CABANG
FEDERASI SERIKAT PEKERJA PERTANIAN DAN PERKEBUNAN
SERIKAT PEKERJA SELURUH INDONESIA 
KABUPATEN ROKAN HULU - RIAU 
KOPI ATENG UJUNG BATU-ROKAN HULU 
TANGGAL 22 DESEMBER 2021











Komentar

  1. FSPPP-SPSI semoga tetap Sukses dan tetap terdepan dalam memperjuangkan Hak-Hak dari Anggotanya. Salam Pekerja

    BalasHapus
  2. G mana cara bergabung di serikat pekerja?

    BalasHapus
  3. Siahkan Konsultasi dan Menghubungi Pengurus Cabang Yang Ada Dikabupaten Masing-Masing, atau Pengurus Daerah yang ada Di Propinsi Tempat Domisili Bapak. No.Kontak Kantor Pengurus Daerah Riau: (0761) 8408165 Riau-Pekanbaru (Email : fsppp_Riau@yahoo.co.id) atau (pd.fsppp.spsi.prov.riau@gmail.com), Sumatra Utara No.Kontak (061) 7877716 Sumut-Medan (Email : spppspsisumut@yahoo.com)

    Sumsel (Email : squash.barlianyasin@yahoo.co.id)- Lampung ( Email ; sppp_lampung@ymail.com ) - Aceh ( Email : pdfspppspsiaceh@gmail.com)

    BalasHapus
  4. bolehkah saaya mendapat AD ART yang terbaru hasil Munas VI di Bogor

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Boleh pinta juga pak.ke email. multiplyn@gmail.com

      Hapus
    2. Assalamu'alaikum , Pak boleh saya minta AD/ART terbaru dan Peraturan Organisasi ( PO ) untuk SPA SPPP Pak, terima kasih sebelumnya, email saya pak : budijnasution@gmail.com.

      Hapus
  6. Pak saya juga mau ad/art spsi yg terbaru
    nasutionarman9@gmail.com

    BalasHapus
  7. mohon petunjuk untuk bisa berhubungan sama ketua PD atau PC SUMUT ATAU LANGKAT FROM BRETES BABALAN LANGKAT 085359571632

    BalasHapus
  8. Mohon petunjuk alamat PP FSPPP SPSI,dan nomor tlpon pengurus nya pak,ada persoalan di PD dan PC FSPPP SPSI kab Asahan yg carut marut ,bahkan pengurus PD pun sudah semena mena dalam berorganisasi...

    BalasHapus
  9. Bila perlu pengurus PD FSPPP SPSI SUMUT di bekukan,karena sudah banyak melakukan pelanggaran AD/ART dan semena mena dalam berorganisasi

    BalasHapus
  10. Pakboleh kah saya minta ad/art nys pak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

 Menerima dan Mendengarkan Asfirasi dalam rangka Kunjungan  PUK-PUK SPPP-SPSI  PT.Smart TBK/Sinar Mas  Group Kabupaten Kampar
MENERIMA DAN MENDENGAR ASFIRASI PUK-PUK SPPP-SPSI FIRST RESOURCES GROUP SE-PROVINSI RIAU Dalam Kunjungannya Ke Kantor Pengurus daerah FSPPP-SPSI Jalan Paus Ujung Marpoyan Damai Pekanbaru Tanggal 12 April 2022